oleh

Ada Tradisi Meron, Lalu Lintas di Jalan Pati-Purwodadi Akan Dialihkan

Pati, Mitrapost.com – Kepolisian Resor (Polres) Pati melakukan pengalihan lalu lintas pada ruas jalan Pati-Purwodadi, imbas adanya kegiatan Tradisi Meron di Kecamatan Sukolilo.

Sebagai informasi, Tradisi Meron adalah tradisi memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang berlangsung di Kecamatan Sukolilo.

Upacara ini ditandai dengan arak-arakan nasi tumpeng yang menurut masyarakat setempat disebut Meron. Nasi tumpeng tersebut dibawa ke masjid Sukolilo sebagai kelengkapan upacara selamatan.

Prosesi Meron tersebut diikuti oleh aneka ragam kesenian tradisional setempat. Setelah upacara selamatan selesai, nasi Meron kemudian dibagikan kepada seluruh pengunjung.

Kaur Bin Ops Satlantas Polres Pati, IPDA Muslimin mengatakan, pihaknya akan menutup jalan raya Pati-Purwodadi khususnya di wilayah Kecamatan Sukolilo. Terutama pada saat-saat perayaan, dari pagi hingga siang, serta pada malam hari.

“Kami sampaikan pengalihan lalu lintas pada pelaksanaan Tradisi Meron yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Sukolilo, Pati. Jadi pada tanggal 8 dan 9 Oktober 2022. Kegiatan diawali dengan karnaval yang dilaksanakan pada Sabtu antara jam 06.00 sampai jam 13.00 WIB.”

“Kemudian malam harinya, jam 18.00 sampai jam 22.00. Kemudian pada Minggu pagi, ini puncak perayaan Meron antara jam 06.00 hingga jam 13.00 WIB. Pada jam-jam tersebut kami akan melakukan pengalihan lalu lintas,” ucapnya kepada wartawan, Jumat (7/10/2022).

Dengan demikian, bagi pengguna jalan yang dari Pati hendak menuju Purwodadi atau Solo, disarankan untuk melewati Kabupaten Kudus (jalan lingkar Tanjung ke kiri). Sedangkan, bagi pengguna jalan yang dari Purwodadi hendak menuju Pati, melewati SMA Grobogan ke arah kiri melalui Kudus.

“Arus lalu lintas yang dari arah Pati, akan kami alihkan jalur lingkar selatan menuju Kudus, kemudian sampai Kudus lewat Purwodadi. Kemudian dari Purwodadi atau dari Solo yang menuju ke Pati akan kami alihkan, dari SMA 3 Grobogan ke kiri menuju Kudus, baru menuju Pati,” jelasnya.

Dengan adanya pemberitahuan ini, Muslimin berharap masyarakat khususnya pengguna jalan dapat mencari jalur alternatif dan menghindari ruas jalan di Kecamatan Sukolilo.

“Jadi kami menghimbau kepada pengguna jalan yang hendak menuju Purwodadi menuju Pati atau sebaliknya, hindari ruas jalan Pati-Purwodadi, khususnya Kecamatan Sukolilo. Karena jalan tersebut tertutup untuk tradisi Meron ,” tegasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral