Dewan Ungkap Daya Beli Masyarakat Semakin Turun

Pati, Mitrapost.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, M. Nur Sukarno mengungkapkan bahwaa daya beli masyarakat saat ini semakin menurun.

Hal tersebut disebabkan lantaran tingginya harga beberapa komoditas pangan hingga membuat semakin memperkecil keterjangkauan pada pangan, terutama bagi yang tergolong berpenghasilan rendah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Lembaga penelitian Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menyebutkan kestabilan harga bukan menjadi satu-satunyan penentu daya beli masyarakat. Namun, pertumbuhan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 juga harus diperhatikan pemerintah.

Menurut penelitian CIPS, kebutuhan pangan merupakan komoditas yang mempunyai dampak signifikan terhadap konsumsi rumah tangga, khususnya pada masyarakat berpenghasilan rendah, yang dapat mencapai 50 persen.

Baca Juga :   DPRD Pati Minta BBWS Pemali-Juwana Berkompeten Normalisasi Sungai

Dampak kenaikan semua harga komoditas pangan ini akan menyebabkan masyarakat cenderung memilih makanan yang mengenyangkan dengan harga yang lebih murah, tapi belum tentu mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati