Ekonomi Pedagang Sulit, Retribusi Pasar di Pati Belum Optimal

Pati, Mitrapost.com – Realisasi retribusi daerah dari sektor pelayanan pasar di Kabupaten Pati, capaiannya baru 72,28 persen dari target.

Di mana seharusnya pos retribusi ini dalam setahun ditarget bisa memyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp5.962.429.700 namun realisasinya hingga bulan Desember Minggu kedua masih Rp4.309.676.161.

Belum optimalnya realisasi tersebut, disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya menurut keterangan Kepala Bidang Pendapatan kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati, Zabidi disebabkan sebagian pedagang belum membayar retribusi.

“Menurut keterangan Dinas Perdagangan, Sebagian pedagang belum melakukan pembayaran retribusi. Retribusi khusus parkir dari pengelola parkir pasar Juwana belum setor,” ujar Zabidi saat ditemui di kantornya kemarin.

Baca Juga :   Komisi D Harapkan Perusahaan Bisa Sejahterakan Karyawan

Faktor kedua masih ada beberapa pasar yang belum menentukan tarif kiosnya pasca adanya Peraturan Daerah (Perda) terbaru.

Zabidi juga menyebut, sejumlah pasar masih sepi pedagang pelataran sehingga realisasi retribusinya terus turun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati