Kualitas Air Indonesia Disebut Jauh dari Baik, Water Specialist Ungkap Tips Pengolahannya

Mitrapost.com – Kualitas air di Indonesia disebut masih jauh dari kata baik. Bahkan sejumlah wilayah memiliki kualitas air yang buruk. Hal ini diungkapkan oleh Water Specialist dari Fakultas Teknik Lingkungan & Sipil ITB, Ir Rofiq Iqbal, ST, MEng dalam Media Gathering Rabu, (21/12/2022).

Kota yang disebutnya memiliki kualitas air yang buruk adalah Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

“Jakarta, Bandung, Surabaya betul [kualitas airnya buruk],” paparnya dilansir dari Detik.

Ir Rofiq Iqbal, ST, Meng juga menjelaskan hal yang mendasari riset air minum Indonesia tercemar limbah tinja adalah karena sumber septic tank yang berlokasi sangat dekat dengan rumah warga.

Penelitian di laman UNICEF juga menyoroti hal yang sama. Yaitu hampir 70 persen dari 20 ribu sumber air minum yang diuji di Indonesia dalam sebuah studi baru diketahui tercemar limbah tinja.

“Sumber septic tanknya sangat dekat dengan pemukiman. jadi yang namanya bakteri (Escherichia coli) E Coli itu sumbernya sudah pasti dari tinja masyarakat,” ujarnya dilansir dari Detik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati