Ahli Ungkap Potensi Kerusakan Ekosistem Gurun Jika Hujan Terus Turun di Arab Saudi

Mitrapost.com – Video yang menampakkan tanah Arab menjadi subur dan hijau banyak beredar di media sosial dan disebut-sebut sebagai tanda akhir zaman.

Sementara itu, para ahli klimatologi mengungkapkan potensi kerusakan ekosistem gurun jika hujan terus mengguyur wilayah tersebut.

Hal itu disadarkan dari penelitian di Gurun Atacama, Chile. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa populasi mikroba di gurun menurun drastis usai wilayahnya diguyur hujan terus-menerus.

Selama sekitar 15 juta tahun, Gurun Atacama diperkirakan tetap dalam keadaan sangat kering yang hampir permanen. Dalam 500 tahun terakhir juga tidak ada catatan curah hujan yang signifikan.

Hingga hujan tiba-tiba datang di bulan Maret dan Agustus 2015, serta Juni 2017. Hal yang jarang terjadi di sana.

Hujan diharapkan membuat gurun dapat menjadi hidup kembali. Namun para ahli justru belajar bahwa hujan di gurun membuat sebagian besar mikroba asli sana menjadi punah.

“Saat hujan turun di Atacama, kami berharap bunga mekar yang megah dan gurun yang hidup kembali,” ujar Fairén yang merupakan ahli astrobiologi dari Cornell University dan Centro de Astrobiología Spanyol, dilansir dari CNN Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati