Wujudkan Pemberdayaan Masyarakat, Diskominfo Pati Lakukan Pembentukan KIM

Pati, Mitrapost.com – Setiap desa mempunyai karakteristik dan ciri khas masing-masing dalam mengolah sumber daya alam dan memberdayakan masyarakat lokalnya. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan teknologi tersebut juga semakin berkembang.

Menangkap fenomena ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati melakukan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di beberapa desa dan beberapa Kecamatan di Kabupaten Pati untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui karakteristik yang ada.

Kepala Diskominfo Kabupaten Pati, Ratri Wijayanto menjelaskan bahwa pembentukan KIM bertujuan untuk membuat jaringan masyarakat desa lebih mudah melalui teknologi informasi.

KIM adalah suatu kelompok yang dibentuk dari untuk dan oleh masyarakat secara mandiri dan kreatif agar masyarakat menjadi peka terhadap informasi yang dibutuhkan, mewujudkan jejaring informasi dan komunikasi dua arah, memberdayakan kelompok dalam mengelola dan menyebarkan informasi serta meningkatkan nilai tambah terhadap taraf kehidupan sehari-hari.