Berdayakan Penyandang Disabilitas dengan Batik Ciprat

Mitrapost.com – Batik Ciprat menjadi salah satu karya dengan motif yang dihasilkan dari cipratan-cipratan yang dihasilkan oleh kuas.

Batik Ciprat ini juga dipilih sebagai kreasi untuk memberdayakan para penyandang disabilitas di wilayah Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.

Di desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini, terdapat lebih dari 60 warga penyandang disabilitas.

Kepala Desa Pucung, Kateno, yang ditemui di Radio Giri Swara Wonogiri mengungkapkan, Pemerintah Desa Pucung di tahun 2018 berinisiatif menggunakan dana desa untuk memberdayakan warga penyandang disabilitas.

Ide awal kegiatan pemberdayaan disabilitas diawali dengan pemikiran bahwa memiliki keterbatasan tidak selayaknya membuat para penyandang disabilitas di Desa Pucung berhenti bekerja dan berkreasi.

Baca Juga :   ASN di Wonogiri Bunuh Diri Usai Bacok Ibu Rumah Tangga

Pemerintah setempat berupaya untuk memandirikan mereka agar tidak ketergantungan pada bantuan orang lain, salah satunya dengan Batik Ciprat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati