Capaian Kurang dari 90 Persen, 39 Rumah Sakit Kota Bandung Buka Layanan Vaksin Polio

Bandung, Mitrapost.com – Capaian Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di Kota Bandung saat ini masih kurang dari 90 persen.

Sebagai informasi, putaran pertama sub PIN polio telah dilaksanakan pada bulan Maret-April. Hasil capaian Kota Bandung sebesar 73,4 persen dari target 180.000 sasaran.

Meski begitu, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian, capaian ini masih di bawah target yang ditetapkan pemerintah pusat yaitu 95 persen.

“Atas kondisi tersebut, seluruh pemerintah kota kabupaten di Jabar melaksanakan putaran kedua. Daerah yang sudah di atas 90 persen, pelaksanaan sub PIN polio putaran keduanya sudah dilaksanakan 15 Mei kemarin,” jelas Anhar Hadian, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga :   Video : Pemotor Terseret Banjir di Jln. Sukamulya Indah, Kec. Sukajadi, Kota Bandung

Anhar mengatakan bahwa kondisi ini tidak hanya terjadi di Kota Bandung. Sehingga guna mengatasi permasalahan ini, maka dilaksanakan sub PIN putaran kedua selama 22 Mei-2 Juni 2023.

“Kondisi untuk daerah yang tidak mencapai target memang menjadi riskan karena berpotensi terjadinya penularan polio tipe 2. Polio yang saat ini sedang dilakukan vaksinasi adalah tipe polio yang bukan rutin diberikan vaksinasinya. Sehingga untuk pelaksanaan sub PIN ini sama sekali tidak melihat status vaksinasi polio sebelumnya,” paparnya.