Pengelolaan Candi Borobudur Bakal Perhatikan Fungsi Religi

Mitrapost.com – Pengelolaan Candi Borobudur di Jawa Tengah akan memperhatikan fungsi religi dan wisata. Hal ini disampaikan dalam festival lampion yang digelar saat perayaan Waisak 2023.

Fungsi religi ini terwujud setelah adanya kesepakatan antara Gubernur Jawa Tengah, Menparekrag RI Sandiaga Uno, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, , dan Menteri BUMN RI Erick Thohir.

Ganjar mengatakan akan mengakomodasi sisi pariwisata, namun juga tidak melupakan fungsinya sebagai tempat ibadah umat Buddha.

“Tadi kita sepakat pengelolaan borobudur lebih terintegrasi, mana zona wisata, mana yang religi. Masing-masing akan memberikan perannya,” tutur Ganjar, seusai ikut dalam festival lampion, yang merupakan bagian dari perayaan Waisak 2023.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Meningkat, Candi Borobudur Ditutup Sementara

Ia menyebut, Hari Raya Waisak tidak hanya mendatangkan berkah bagi umat Buddha. Namun, masyarakat awam, ingin merasakan atmosfer kegembiraan.

Ini terbukti dari riuhnya peserta festival lampio yang ikut menyemarakkan pertunjukan di Candi Borobudur ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati