Cita-cita Indonesia Capai Net Zero Emission di 2060 Perlu Aksi Nyata

Mitrapost.com – Cita-cita Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission di tahun 2060 disebut memerlukan aksi nyata dan membutuhkan peta jalan untuk transisi di sektor energi.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury. Ia menilai transisi sektor energi penting, mengingat sektor tersebut menjadi salah satu penyumbang emisi sekitar 22 persen dari keseluruhan emisi gas rumah kaca Indonesia.

“Bukan cuma komitmen, tapi (butuh) realisasi menjadi inisiatif yang kami harapkan terlaksana. Tujuan itu membatasi kenaikan suhu membutuhkan upaya luar biasa,” paparnya.

Lebih lanjut, ia juga menyinggung target pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5 persen per tahun hingga tahun 2045. Menurutnya, terget itu juga perlu dukungan dari sektor energi.

Indonesia, jelasnya, memerlukan kepastian di sektor energi. Namun di lain sisi, Indonesia juga diharapkan bisa mengurangi emisi hingga 32 persen.

“Kalau ingin tumbuh dalam 10 tahun mendatang, Indonesia butuh kepastian lebih dari 2 kali lipat di sektor listrik, butuh kapasitas energi yang lebih besar, di sisi lain emisi diharapkan turun sampai 32%,” paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati