7 Aktivitas yang Melatih Fungsi Kognitif Otak

Mitrapost.com – Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsi otak, yakni dengan latihan otak yang meliputi permainan memori, mempelajari keterampilan baru, menebak teka-teki, dan sebagainya.

Latihan otak ini berguna menjaga fungsi otak yang sehat, serta mencegah degenerasi yang berkaitan dengan usia. Dilansir dari Medical News Today, beberapa aktivitas untuk melatih otak berikut dapat bermanfaat meningkatkan memori, fungsi kognitif, dan kreativitas.

Visualisasi lebih banyak

Untuk meningkatkan kemampuan otak, cobalah untuk memvisualisasikan setiap hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Visualisasi membantu orang mengatur informasi dan membuat keputusan yang tepat. Contohnya, sebelum berbelanja, Anda dapat memvisualisasikan cara mereka pergi ke toko, dan apa yang akan mereka beli sesampainya di sana.

Memainkan permainan untuk melatih otak

Permainan seperti kartu memori, teka-teki silang, catur hingga sudoku dapat melatih kinerja otak Anda. Permainan-permainan tersebut dapat membantu Anda meningkatkan memori melalui pola, menyusun strategi, berpikir kritis, penyelesaian masalah, hingga melindungi dari efek penuaan otak.

Bersosialisasi

Sebuah studi menunjukkan bahwa kontak sosial dengan orang lain dapat menurunkan kemungkinan risiko demensia. Beberapa kegiatan bersosialisasi yang dapat meningkatkan fungsi kognitif adalah berdiskusi, bermain bersama, berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan olahraga.

Meningkatkan kosa kata dan bahasa

Tips lainnya adalah mempelajari bahasa dan kosa kata baru setiap harinya. Caranya dengan membaca buku atau menonton acara televisi, sambil mencatat kata-kata yang menurut Anda asing. Setelah itu, carilah arti dari kata-kata tersebut berdasarkan kamus. Hal ini dapat memperluas pengetahuan serta melatih otak Anda untuk mengingat.

Melakukan hobi

Sebuah studi menunjukan bahwa permainan alat musik dapat bermanfaat bagi perkembangan kognitif anak, serta melindungi penurunan kognitif pada orang terkait usia. Tak hanya itu, beberapa hobi seperti menari, melukis, merajut juga dapat melatih kemampuan motorik seseorang. Bahkan hobi yang membutuhkan fokus seperti bermain rubik, merajut, dan melukis dapat melatih konsentrasi.

Berolahraga

Latihan fisik secara teratur bermanfaat bagi otak dan tubuh. Studi mengungkap bahwa latihan secara teratur dapat melatih perencanaan, beradaptasi, ketangkasan, hingga kecepatan dalam memproses informasi.

Tidur yang cukup

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, sebagian besar orang dewasa membutuhkan antara 7 dan 9 jam tidur setiap malam. Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya ingat, mengurangi kelelahan mental dan mengatur metabolisme.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati