Kesenian dari Gabus Bakal Jadi Pembuka Peparprov IV Jateng 2023 di Pati

Pati, Mitrapost.com – Kesenian rakyat khas Kabupaten Pati akan memeriahkan pembukaan Peparprov IV Jawa Tengah 2023. Pembukaan kompetisi olahraga bagi penyandang disabilitas tersebut dipusatkan di Gor Pesantenan Pati pada 9 September.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati, Rekso Suhartono mengemukakan, tradisi barongan macan loreng dari Kecamatan Gabus disiapkan menjadi sajian pembuka Peparprov IV Jawa Tengah 2023.

“Nanti untuk pembukaannya di tanggal 9 September di Gor Pesantenan Pati, yang akan menampilkan Tradisi barongan macan loreng dari kecamatan Gabus,” ujarnya.

Menurutnya, pemilihan kesenian tersebut selain memberi hiburan bagi peserta dan oficial Peparprov serta pemangku kepentingan yang datang dari seluruh daerah di Jateng, juga sekaligus mempromosikan budaya Pati.

Baca Juga :   Festival Muria Raya Desa Jepalo Hadirkan Banyak Kesenian

“Barongan Macan Loreng ini dipilih dengan alasan untuk menjaga eksistensinya. Berbeda dengan kesenian Ketoprak sangat eksis di masyarakat. Sehingga tradisi barongan ini kalau tidak kita tampilkan makan akan punah,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati