Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Guncang Jepara pada Siang Hari

Mitrapost.com – Gempa bumi dengan magnitudo 5,3 mengguncang Jepara, Jawa Tengah pada siang hari ini tepatnya pada pukul 12.34 WIB Rabu, (13/9/2023).

Gempa yang terjadi merupakan gempa tektonik dan tidak menimbulkan potensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan lokasi gempa berada di laut pada jarak 90 kilometer (km) arah Barat Laut Jepara, Jawa Tengah pada kedalaman 666 kilometer (km).

Gempa Jepara yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam (deep focus) yang terjadi akibat adanya aktivitas slab pull atau tarikan extensional Lempeng Indo-Australia ke bawah, pengaruh gaya gravitasi.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,02° LS;110,09° BT,” ujarnya dilansir dari Kompas.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Berkurang, Pemkab Jepara Optimis Menuju Zona Kuning Bulan Oktober

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault),” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati