Ketahui 6 Manfaat Latihan Sit Up bagi Tubuh Berikut!

Mitrapost.com – Sit up merupakan latihan tubuh yang sederhana, namun efektif. Aktivitas ini tidak membutuhkan banyak alat, cukup dengan berbaring telentang di atas matras, kemudian menganggat badan dengan tetap mempertahankan posisi kaki.

Sit up teratur sebanyak 3-5 kali per minggu memberikan beberapa manfaat, seperti memperkuat dan mengencangkan otot perut, memperbaiki postur tubuh dan melatih otot punggung bagian bawah. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat sit up!

Melatih otot inti

Manfaat pertama adalah melatih otot inti dengan tujuan memperkuat dan mengencangkannya. Gerakan sit up dapat membantu Anda mengurangi risiko sakit punggung dan cedera. Lakukan 2-3 kali set dengan 10-15 repetisi per set untuk melatih kekuatan inti Anda.

Peningkatan massa otot

Situp meningkatkan kekuatan otot pada perut dan pinggul. Menurut penelitian tahun 2016, wanita lanjut usia yang mampu melakukan sit up memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami sarcopenia, yaitu hilangnya massa otot akibat penuaan. Selain itu, mereka yang melakukan lebih dari 10 sit up memiliki tingkat massa dan fungsi otot yang lebih tinggi.

Meningkatkan performa atletik

Kekuatan otot inti berkaitan dengan peningkatan kekuatan dan daya tahan otot pada atlet. Inti yang kuat memberikan postur, stabilitas dan posisi yang tepat dalam memulai olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Ini akan meningkatkan stamina dan memperlambat kelelahan.

Keseimbangan dan fleksibilitas lebih baik

Inti yang kuat membantu tubuh Anda tetap seimbang dan stabil saat beraktivitas. Gerakan sit up membantu otot panggul, punggung bawah, dan pinggul bekerja sama dengan otot perut Anda. Keseimbangan memperkecil risiko terjatuh dan melukai diri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati