Total Pondok Pesantren di Kabupaten Pati Capai 265

Pati, Mitrapost.com – Total keseluruhan Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Pati sudah mencapai 265.  Dimana total tersebut berdasarkan data Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama ter-update sejak Agustus 2023 di wilayah Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Pati.

Subhan, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati menyampaikan bahwa setidaknya di masing-masing 21 kecamatan di Kabupaten Pati terdapat Ponpes.

Wilayah Kecamatan Margoyoso memiliki Ponpes terbanyak diantara yang lain. Sedangkan untuk Kecamatan Jaken sebarannya paling sedikit.

“Yang paling sedikit jumlah pesantren di Kabupaten Pati itu di Kawedanan Jaken. Yang sebarannya paling sedikit, itu hanya 15 pesantren,” tuturnya.

Baca Juga :   Keterlibatan Pesantren dan Kyai Diperlukan Guna Tangkal Radikalisme

Subhan menambahkan, jumlah santri yang tersebar dan terdaftar di Kementerian Agama Kabupaten Pati terdiri dari 35.135 secara menyeluruh. Dengan rincian, masing-masing santriwati sebanyak 18.421 dan 16.1714 santriwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati