Dispertan Klaim Bawang Merah Capai 409,19 Persen, Melebihi Kebutuhan

Pati, Mitrapost.com – Beberapa petani penghasil bawang merah di Kabupaten Pati terpantau sudah mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun 2023.

Petani bawang merah di Kabupaten Pati tersebut mulai dari Kecamatan Jaken, Jakenan, Batangan, Wedarijaksa, Sukolilo, hingga Pucakwangi.

Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati telah mengeklaim bahwasannya pada tahun 2023 kini, bawang merah tersedia di angka 409,19 persen dari jumlah kebutuan masyarakat sebesar 27.574,5 ton.

Melalui Kepala Dispertan Kabupaten Pati, Niken Tri Meiningrum mengatakan, jika dibandingkan dengan jumlah kebutuhan yang hanya 6.714,38 ton. Jumlah tersebut sudah dinyatakan surplus, yakni sebesar 20.760,12 ton atau berkisar 309,18 persen.

“Kalau komoditas seperti bawang merah, dari produksi kami selama satu tahun ini itu sekitar ada 27.474,5 ton bawang merah. Sedangkan kebutuhan kita sekitar 7 ribu sampai 10 ribu ya, kebutuhannya,” jelasnya.

Baca Juga :   Wedarijaksa Jadi Daerah Pemasok Bawang Merah Terbesar di Pati

Dengan keadaan seperti ini, pihaknya merasa bersyukur lantaran stok dan kebutuhan komoditas bawang merah selama ini selalu cukup hingga berlebih. Bahkan, petani di Pati bisa menyuplai kebutuhan lain di berbagai daerah luar kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati