Kemenperin Ungkap Korelasi Kenaikan Investasi dengan Kebijakan Pemerintah

Mitrapost.com Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkap bahwa kenaikan investasi pada sektor manufaktur mengalami kenaikan tajam selama periode 2019 hingga 2023.

“Investasi di sektor industri pada tahun 2019 sebesar Rp213,44 triliun, naik menjadi Rp259,28 triliun di tahun 2020, naik lagi sebesar Rp307,58 triliun di tahun 2022, dan melonjak hingga Rp457,60 pada triliun tahun 2022,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang dalam keterangannya, Rabu (14/2).

Menurutnya, kenaikan investasi pada sektor industri manufaktur mempunyai hubungan dengan kebijakan pemerintah yang mendorong hilirisasi seumber daya alam, terutama sektor pertambangan.

“Artinya, pemerintah sangat konsisten sekali bahwa realisasi investasi tidak hanya didorong oleh sektor jasa, tetapi juga karena prospek membangun industri hilirnya sehingga dapat memperdalam struktur manufaktur kita agar bisa lebih berdaya saing,” jelasnya.

Baca Juga :   Video : Kritisi Kebijakan Pemerintah, Pemuda Pati Gelar Pasar Gratis

Lebih lanjut, Agus menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen mendorong hilirisasi industri sehingga berkontribusi kepada pemasukan negara melalui, royalti, pajak ekspor, pendapatan negara bukan pajak (PNBP), dan dividen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati