5 Tips Atasi Darah Tinggi Secara Alami

Mitrapost.com Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan hipertensi dan beresiko meningkatkan serangan jantung. Oleh karena itu, penting menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Diketahui, tekanan darah yang normal berada diangka 120/80 mmHg, sehingga jika lebih dari angka tersebut artinya mengalami peningkatan tekanan darah. Angka diatas 130/80 mmHg perlu mendapat perhatian khusus, sehingga anda perlu melakukan beberapa tips dibawah ini.

Cara menurunkan hipertensi

  1. Menjaga berat badan

Cara mengatasi tekanan darah tinggi dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Berat badan diatas normal berpotensi meningkatkan tekanan pada arteri yang menyebabkan hipertensi.

Tak hanya itu, menjaga berat badan dapat menurunkan resiko terkena penyakit.

  1. Olahraga rutin
Baca Juga :   Sering Mengantuk Hingga Perut Kembung, Mungkin Anda Kekurangan Serat

Menurunkan darah tinggi bisa dilakukan dengan melakukan olahraga ringan secara rutin, minimal 30 menit per hari. Olahraga secara rutin dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 5-8 mmHg.

  1. Mengurangi konsumsi natrium

Kandungan natrium dapat ditemukan pada garam, baik itu garam makanan, camilan, minuman ringan, dan makanan kaleng. Mengkonsumsi garam secara berlebih dalam tubuh menjadi salah satu penyebab terjadinya hipertensi.

  1. Konsumsi kalium

Mengkonsumsi kalium membantu pembuluh darah melawan kerusakan yang dipicu oleh natrium. Semakin banyak memakan kalium maka semakin banyak natrium dan air yang dikeluarkan tubuh sehingga tekanan darah berkurang.