Apresiasi Kreasi Indonesia dari Kemenparekraf Dibuka, Terbuka Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Mitrapost.com – Program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali dibuka pada tahun ini.

Para pelaku ekonomi kreatif bisa mendaftar dan nantinya akan diseleksi dan dipilih untuk menghadiri sesi Techmet dan Temu Sapa pada 4 April 2024 bersama dengan calon mentor, mengikuti sesi bootcamp, dan berkesempatan memamerkan produknya di puncak acara AKI.

Pendaftaran AKI 2024 sudah dibuka sejak tanggal 12 Februari 2024 hingga 31 Maret 2024 mendatang.

Tahun ini, ada penambahan subsektor ekonomi kreatif yaitu gim, selain subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik, dan film.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan ada 10.000 pelaku ekonomi kreatif yang akan mendaftar. Sedangkan peserta yang akan diambil ada 360 yang berasal dari 12 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Baca Juga :   Pemerintah Sediakan BPUP Bagi Pelaku Usaha Pariwisata

Syarat daftar AKI 2024 Kemenparekraf:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 17 tahun
  • Memiliki KTP dan NPWP
  • Domisili di Indonesia
  • Subsektor kuliner, kriya, fesyen, dan aplikasi/gim, calon peserta harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan dan menyertakan surat keterangan usaha.
  • Subsektor musik dan film, calon peserta harus memiliki karya orisinal terbaru (dalam 2 tahun terakhir), dengan ketentuan khusus seperti penyertaan video klip untuk musik dan afiliasi dengan rumah produksi untuk film, bukan individu.

Sesi Techmet dan Temu Sapa sendiri bakal digelar pada 4 April 2024 bersama dengan calon mentor. Sedangkan sesi bootcamp berlangsung pada April hingga Mei 2024.