Jateng Punya Populasi Kambing Tertinggi Nasional dan Domba Tertinggi Kedua

Mitrapost.com – Provinsi Jawa Tengah memiliki populasi kambing tertinggi secara nasional, yaitu mencapai 3.747.610 ekor atau 20,19% dari total nasional.

Sedangkan untuk domba berada di peringkat kedua setelah Jawa Barat mencapai 2.288.826 ekor, atau 16,28% dari total nasional.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Jateng Agus Wariyanto.

“Jadi kambing domba di Jateng memiliki potensi tinggi. Kalau kita lihat populasi hampir 4 juta (ekor), sedangkan domba, di posisi nomor 2 setelah Jabar. Ini potensi luar biasa untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat, sementara sapi kita tengah pulihkan dari penyakit mulut dan kuku serta lumpy skin disease,” ujarnya.

Selain memiliki jumlah kambing dan domba yang banyak, Jateng juga menjadi salah satu penyangga kebutuhan nasional atas produksi daging, susu kambing dan domba.

Sedangkan hasil ternak berupa daging, susu, dan telur di Jawa Tengah berkontribusi pada penyediaan protein hewani nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati