Cegah Kantuk Saat Berpuasa dengan Tips Berikut Ini

Bangun kebiasaan jalan kaki setidaknya 10 menit untuk meningkatkan aliran oksigen dan produksi hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Hal ini bisa meningkatkan energi hingga dua jam ke depan.

Latih teknik pernapasan

Latihan pernapasan dapat meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Hal ini dapat meningkatkan kewaspadaan, sehingga konsentrasi bisa meningkat. Caranya, duduk dengan tegak, kemudian letakkan salah satu telapak tangan di perut, lalu tarik napas dalam-dalam lewat hidung. Setelah itu, embuskan napas secara perlahan lewat mulut dan ulangi beberapa kali sampai pikiran terisi.

Luangkan waktu tidur siang

Selama istirahat di siang hari, luangkan waktu untuk tidur siang. Tidur siang akan efektif jika tidak terlalu lama, atau tidak lebih dari satu jam. Waktu tidur siang ideal yakni selama 20 hingga 30 menit. Jika terlalu lama dapat membuat tubuh lemas karena mengganggu ritme biologis tubuh.

Baca Juga :   Benarkah Bayi Tidak Bisa Minum Air?

Nyalakan lampu atau cari sumber cahaya lain

Rasa kantuk juga dapat disebabkan kondisi ruangan sekitar. Pencahayaan redup dapat meningkatkan pelepasan melatonin atau hormon tidur. Kadar melatonin yang meningkat dapat memberikan tubuh sinyal, sehingga jadi ngantuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati