Dewan Pati Dukung Antisipasi Longsor dengan Penanaman Rumput Vetiver

Pati, Mitrapost.com Penanaman rumput vetiver di daerah rawan longsor dan wilayah terdampak tanggul di sejumlah Kabupaten Pati oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati didukung oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Pati telah merencanakan akan melakukan penanaman massal rumput vetiver pada Sabtu 25 Januari 2020 untuk antisipasi longsor dan tanggul jebol di tahun mendatang.

Rencana tersebut mendapatkan apresiasi dan didukung oleh anggota Komisi D DPRD Kabupayen Pati Endah Sri Wahyuningati. Pasalnya, banjir dan longsor merupakan hal yang lumrah terjadi saat musim penghujan namun langkah antisipasi juga diperlukan.

Baca juga : Dewan: Tren Bersepeda Bisa Dijadikan Budaya Positif Bagi Warga Pati

Baca Juga :   Dewan Pati Minta Pemkab Terapkan Reward dan Punishment Kepada ASN

Rumput vetiver yang merupakan jenis tanaman akar wangi dinilai bagus untuk menguatkan tanah. Sebab akar dari tanaman vetiver bisa mencapai kedalaman tanah hingga 5 meter.

“Menurut informasi yang kita terima, tanaman rumput ini akarnya bisa mencapai 5 meter ke bawah sehingga sangat bagus sekali untuk menahan tanah dari gerusan air,” jelasnya pada Kamis (23/1/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati