Cara Alami Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui

Mitrapost.com Salah satu problem yang kerap dialami ibu menyusui adalah puting lecet. Biasanya terjadi setelah minggu pertama melahirkan. Penyebabnya, karena adaptasi bayi saat mencari puting ibu.

Sakit yang dirasakan setiap ibu berbeda-beda. Ada yang rasa sakitnya sampai mengganggu kegiatan menyusui.

Umumnya puting lecet hilang dalam beberapa hari. Namun, ada juga yang putingnya lecet hingga berminggu-minggu. Kondisi ini mesti diwaspadai, karena bisa jadi ada infeksi pada puting yang sangat berbahaya.

Perlu dilihat dari penyebabnya, jika lecet karena gesekan dari mulut bayi, maka aman untuk terus menyusui.

Namun, jika lecet karena wabah herpes atau kontak dengan poison ivy (alergi zat resin) atau ek (tanaman beracun yang menyebabkan ruam pada kulit) maka sebaiknya tidak menyusui untuk sementara waktu.

Baca Juga :   Jaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil Agar Tetap Aktif dengan Tips Ini

Baca juga: Ibu dan Anak jadi Korban Lakalantas di Pantura

Jika mengalami puting lecet, cara-cara alami ini bisa dipraktekin oleh para ibu menyusui sebelum konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapat solusi yang tepat.

Rendam Puting di Larutan Garam

Untuk menghilangkan sumbatan pada saluran susu, rendam puting di dalam larutan garam dan air hangat. Masukkan dua sendok teh garam epsom ke dalam secangkir air panas. Garam epsom adalah kombinasi mineral magnesium dan juga senyawa sulfat. Lakukan metode ini sebanyak 3 hingga 4 kali sehari sampai lapisan kulit yang menyumbat puting terlepas.

Pijat Area Puting

Pijat dengan lembut area puting untuk menghilangkan benjolan atau bekas lepuhan (blister). Coba berikan tekanan di bagian belakang puting susu, pasikan melakukannya dengan lembut agar tidak terluka. Metode perawatan puting lecet ini akan sangat maksimal hasilnya ketika dilakukan setelah mandi, karena kulit terasa sangat lembut.