oleh

Masa Pandemi Pengaruhi Operasional Pasar Kliwon

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Kudus, Mitrapost.com – Masa pandemi mempengaruhi operasional di Pasar Kliwon, Kudus. Selain volume pengunjung yang berkurang, omset yang didapatkan para pedagang pun ikut kena imbas.

Koordinator Pasar Kliwon, Sugito mengatakan omset pendapatan menurun sekitar 70 persen per hari. Hal itu sejalan dengan berkurangnya jumlah pengunjung.

Jika sebelum pandemi pada hari biasa pengunjung bisa sampai 3.000-5.000 orang perhari, sedang di hari libur bisa 10.000 orang maka sejak ada pandemi covid-19 pengunjung hanya 2000an.

Menurut Sugito, sejak Maret lalu pengunjung Pasar Kliwon tergolong menurun. Itu sejalan dengan instruksi pemerintah untuk tidak keluar rumah jika tidak dalam keadaan mendesak.

Baca juga: Pasar Kliwon Kudus Ditutup, Beberapa Pengunjung Putar Balik

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Kudus, Rabu 27 Mei 2020

Sementara itu, selama operasional sejak masa pandemi covid-19 pihak pasar telah memberlakukan protokol pencegahan covid-19. Salah satunya dengan menyediakan pos tempat cuci tangan, serta mengurangi akses pintu masuk ke pasar. Pasar Kliwon memiliki 31 pintu masuk, akan tetapi kondisi sekarang tidak semua pintu masuk pasar dibuka.

“Tidak semua pintu saya buka semua sesuai petugas yang ada (pengawas) kemarin hanya 10 (pintu) sekarang tambah 9 karena ada relawan dari pedagang jadi sembilan belas,” jelas Sugito saat ditemui pada Kamis (18/6/2020).

Pasar Kliwon juga memiliki pos pengawas induk. Jika ada pelanggaran baik dari pengunjung dan pedagang dalam protokol kesehatan sanksinya adalah dikeluarkan dari pasar.

Baca Juga :   Dukung Peserta BLK Kudus, Bupati Berjanji Upayakan Alat untuk Pelatihan

Sebelumnya, Pasar Kliwon bahkan sempat ditutup selama dua hari pada 5 dan 6 Juni lalu karena masih ada pedagang dan pengunjung yang bandel dan tidak disiplin dalam menaati protokol kesehatan. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS