Angka Pernikahan di Kota Kudus Menurun Bukan Hanya Faktor Covid-19

Kudus, Mitrapost.com – Angka pernikahan di KUA Kecamatan Kudus Kota mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

Menurut penuturan Ali Hasan, selaku Kepala KUA Kecamatan Kota Kudus penurunan tersebut tidak hanya disebabkan karena faktor Covid-19. Tapi juga disebabkan karena tahun ini merupakan tahun duda menurut kepercayaan orang Jawa.

“Dibanding tahun lalu memang menurun tapi semata-mata bukan karena faktor Covid-19 tapi juga tahun ini masuk tahun duda menurut kepercayaan orang Jawa jadi jarang yang menikah, ” ujarnya pada Jumat (26/6/2020).

Pada tahun 2019 tercatat ada lebih dari 700 pernikahan di Kecamatan Kudus Kota. Namun pada tahun ini, Ali Hasan memprediksi hanya akan terjadi sekitar 400 pernilahan saja. Berdasarkan data pernikahan pada bulan Januari hingga Mei 2020 baru mencapai 168 pernikahan.

Baca juga : Dinas Ketahanan Pangan dan DMI Kota Semarang Kolaborasi Ciptakan ATM Beras

“Kalau di bulan Juli nantikan masih bulan Dzulkojah di tradisi Jawa pernikahankan masih sepi tidak ada manten, bukannya tidak boleh kyai-kyai sudah menjelaskan bahwa tidak ada hubungannya tetapi nyatanya masyarakat masih mempercayai jadi praktis Juli ya sedikit,” ujar Ali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati