oleh

Masyarakat Demak Masih Kesulitan Sistem Pelayanan Kependudukan Online

Demak, Mitrapost.com – Sejak pelayanan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) diubah sistemnya menjadi online, diharapkan pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) menjadi lebih efektif dan efisien.

Akan tetapi, ada beberapa masyarakat Kabupaten Demak yang masih kesulitan dengan perubahan sistem pelayanan tersebut. Ali Ridho, warga Kecamatan Dempet ini mengaku masih kesulitan dengan upload data secara online.

“Saya upload lewat website Dukcapil tapi sulit ke upload datanya, makanya saya datang ke sini,” katanya, Rabu (1/7/2020).

Dari pantauan Mitrapost.com, beberapa masyarakat memang tampak masih banyak yang berdatangan ke kantor Dindukcapil walaupun pelayanan sudah diubah ke online.

Baca juga : Dindukcapil Demak Kirim 700 KTP-el ke Rumah Warga Setiap Hari

Sebelumnya, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi dan Kependudukan (PIAK) Dindukcapil Demak, Rudy Hartono membenarkan bahwa memang masih banyak warga yang berdatangan ke kantor Dindukcapil untuk mengurus surat-surat.

Ia mengakui, masyarakat Demak tidak semuanya bisa bermain handphone. Bagi yang kesulitan dipersilahkan datang dan akan dibantu petugas yang berjaga.

“Masyarakat tidak semuanya bisa online, yang kesulitan dibantu sama petugas. Sebetulnya tidak diperbolehkan datang, tapi yang kebutuhan mendesak-mendesak seperti urusan BPJS, itu tetap kita layani,” ungkapnya.

Walau begitu, Ia menyesalkan sulitnya mengatur masyarakat yang datang ke kantor. “Susahnya masyarakat sulit diatur, disuruh jaga jarak masih aja berkerumun. Kemarin kita datangkan Satpol PP, baru mau diatur. Tapi ketika Satpol pergi ya balik seperti itu lagi,” tandasnya. (*)

Baca juga : 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Berita Terkait