Soesilo Toer, Penulis dan Pemulung Bahagia

Blora, Mitrapost.com Soesilo Toer adalah salah satu sastrawan asal Blora. Ia merupakan adik kandung dari Pramoedya Ananta Toer, sastrawan Indonesia yang diperhitungkan dunia.

Pria kelahiran 17 Februari 1937 ini merupakan pengrajin prosa dan tulisan yang sangat produktif. Bahkan ‎di usia senjanya kini, Soesilo Toer mampu unggul jumlah karya ketimbang kakaknya.

Saat ditemui Mitrapost.com di kediamannya pada Jumat (3/7/20) ia mengatakan akan menerbitkan karya kelima puluhnya.

“Pram itu lebih hebat saya, karya Pram kalau dijumlah hanya kira-kira 40. Saya sudah mau menerbitkan buku ke 50 nanti,” ucapnya.

Baca juga: Sosok KH Nur Rohmat dimata Putranya

Soes, sapaan akrabnya memulai kegiatan tulis menulis sejak umur 13 tahun.  Ia menggeluti dunia tulis menulis karena dorongan kebutuhan ekonomi. Karya uang saku yang diberikan Pram tidak cukup untuk memenuhi ongkos pulang pergi sekolah.

Baca Juga :   Pataba, Perpustakaan Pribadi yang Menjelma Penerbitan

“Karya pertama saya pada saat itu dengan judul ‘Saya Kepingin Jadi Jendral’ di majalah Kunang-Kunang milik Balai Pustaka.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati