Penggunaan Kantong Plastik di Toko Modern Turun 3 Kilo per Hari

Pati, Mitrapost.com Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati menyebutkan adanya penurunan penggunaan kantong plastik hingga 3 kilo per hari per toko ritel modern. Hal ini ditengarai oleh kampanye pengurangan sampah plastik yang kian efektif.

“Sesuai Peraturan Bupati Pati nomor 33 tahun 2019 tentang Pengurangan Kantong Plastik, kita sosialisasikan dan masih terbatas pada ritel modern dan pasar swalayan agar tidak menggunakan sampah plastik untuk mengurangi polusi tanah. Karena plastik yang tidak bisa terurai, oleh karenanya secara kontinu kami selalu melaksanakan pembinaan dan sosialisasi,” ujar Purwadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati.

Baca juga: Limbah Medis di Rumah Karantina untuk Satu Orang Capai 3 Kilo Gram Tiap Hari

Baca Juga :   Kerjasama dengan Ritel Modern, UMKM Pati Didorong Naik Kelas

Menurutnya, kampanye  pengurangan penggunaan kantong plastik dapat berperan juga mendongkrak penjualan tas belanja pakai ulang. Serta turut berperan besar dalam pengurangan penggunaan sampah plastik.

“Edarannya Juni 2019, kalau efektif pelaksanaannya ya sekitar November, Desember. Ditambah dari ritel modern pada dasarnya mereka ada kampanye kurangi kantong plastik. Karena ritel modern ada target penjualan terhadap kantong belanja pakai ulang,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati