oleh

Dibalik Warna Hijau yang Disukai Rasullullah

Mitrapost.com – Warna hijau merupakan satu-satunya warna yang disukai Rasullullah. Selain itu, warna hijau juga digambarkan sebagai warna surga. Karena warna pakaian ahli surga itu berwarna hijau, berdasarkan kandungan dalam Surat Al-Kahf Ayat 31:

أُولَٰئِكَ لَهُمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهِمُ الْأَنْهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِنْ سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى الْأَرَائِكِ ۚ نِعْمَ الثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا

BPKAD Pati

Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.

Baca juga : Berbagi Manfaat "10 Bahan Untuk Menghilangkan Jerawat"

Ini juga sebagaimana dijelaskan dalam surat Al-Insan yang memiliki arti: “Mereka di dalam Surga memakai pakaian hijau yang diperbuat dari sutera halus dan sutera tebal (yang bertekat), serta mereka dihiasi dengan gelang-gelang tangan dari perak dan mereka diberi minum oleh Tuhan mereka dengan sejenis minuman (yang lain) yang bersih suci.” (Surah Al-Insan : Ayat 21)

Annas bin Malik mengatakan, “Warna yang paling disukai oleh Rasulullah saw adalah hijau.” Namun selain itu Rasul juga ternyata menyukai warna putih. Ada juga keterangan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah memakai pakaian berwarna hitam, merah hati, abu-abu dan warna campuran.

Selain itu, Kubah Masjid Nabawi juga berwarna hijau. Simbol-simbol keIslaman di seluruh dunia adalah berwarna hijau. Warna hijau juga mampu menjadikan pandangan mata nyaman dan damai.

Jelaslah bahwa warna hijau adalah warna Surga, warna yang disukai oleh Allah yang mencipta warna itu sendiri dan indah pula sehingga menghiasi Surga. Mudah-mudahan hal ini dapat membuka hati manusia agar beriman dan menyukai apa yang disukai oleh Allah dan Rasul-Nya. (*)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait