Terdampak Covid-19, Sebanyak 1,5 Ribu Pekerja Seni Diusulkan Dapat Bantuan

Pati, Mitrapost.com – Sebanyak 1,5 ribu pekerja seni telah diusulkan untuk mendapatkan bantuan jaringan pengaman sosial. Hal ini dikarenakan mereka salah satu kelompok masyarakat yang mengalami dampak ekonomi dari pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

“Kurang lebih sebanyak 1500-an data seniman yang telah kami data,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, Paryanto, saat ditemui Mitrapost.com pada Senin (20/7/2020) lalu.

Data ini diperoleh, setelah pihaknya melakukan pendataan dari beberapa tahap. “Jadi awal pendataan itu tanggal 3 (April) sampai 9 April, itu kami data 103 seniman terdampak, kemudian kami perpanjang sampai tanggal 17 (April) sekitar 600 seniman,” tutur Paryanto.

Hasil pendataan tahap pertama ini Ia serahkan ke berbagai instansi terkait. “Kita serahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Pati, juga kami kirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, juga kami kirimkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah,” lanjutnya.