oleh

Biaya Kuota Internet Disiapkan Pemerintah untuk KBM Daring

Semarang, Mitrapost.com Dalam menghadapi kondisi pandemi covid-19 saat ini, khususnya di bidang pendidikan, kebutuhan akses internet sangat diperlukan. Hal ini karena metode belajar dengan cara tatap muka tidak bisa dilakukan, sehingga ditetapkan kebijakan pembelajaran secara online atau daring.

Mendukung hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ini sedang menyiapkan komponen pendidikan yang dapat memperlancar pembelajaran terhadap siswa didik.

“Teknologi informasi menjadi salah satu cara untuk menyelesaikan persoalan. Tapi setelah datang Covid-19, kita diminta menata ulang semuanya. Untuk komponen pendidikan itu sudah saya sampaikan ke dinas terkait,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Rabu (22/7/2020).

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Padmaningsih, mengatakan bahwa biaya kuota internet untuk pembelajaran jarak jauh sudah diatur dalam Permendikbud No 19 Tahun 2020.

Baca juga: Dana BOS Bisa Dialokasikan untuk Pembelian Kuota Internet Siswa

Yakni diperbolehkan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk menunjang komponen pendidikan. Namun, untuk besarannya disesuaikan dengan kemampuan sekolah masing-masing.

“Iya, memang diperbolehkan pakai dana BOS. Tapi anggarannya disesuaikan dengan kemampuan sekolah. Disamping itu juga, ada peruntukan dana BOS komponen pendidikan lain sesuai aturannya,” jelasnya.

Sejauh ini, belum ada sumber anggaran khusus yang lain untuk pembelian kuota internet sebagai komponen pendidikan sarana pembelajaran jarak jauh.

“Belum ada anggaran lain. Tapi masih kita musyawarahkan untuk mencari solusi-solusi,” titah dia.

Sedangkan bagi siswa yang berada di lokasi sulit akses internet ada kebijakan guru kunjung. Yaitu, guru mengunjungi siswa untuk memberikan pembelajaran.

“Atau bisa mengirim materi pelajaran ke siswa dan tugas, nanti dikirim ke gurunya jika sudah selesai. Memang ada daerah yang susah sinyal. Tapi kami berupaya proses pembelajaran tetap bisa dilakukan,” ungkapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Rmoljateng.com dengan judul ‘Pemprov Jateng Rencanakan BOS Untuk Kuota Internet

 

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed