Dua Makam Wali di Margoyoso Ini Masyhur dengan Tujuan Ziarah Berbeda

Pati, Mitrapost.com Kecamatan Margoyoso terkenal sebagai pusat belajar ilmu agama Islam di Kabupaten Pati. Oleh karenanya banyak pesantren bahkan makam para wali pun juga tidak sedikit berada di sini. Namun diantara banyaknya makam wali yang ada, terdapat dua makam wali yang masyhur di kalangan masyarakat. Yakni makam Syaikh Mutamakkin dan Syaikh Ronggo Kusumo. Lokasi antara kedua makam ini pun berdekatan.

Makam syaikh mutamakkin terletak di Desa Kajen, sedangkan makam Syaikh Ronggo berada di Desa Ngemplak Kecamatan Margoyoso.

Zainal Arifin, penduduk Desa Kajen mengungkapkan dua makam tersebut adalah yang paling sering didatangi oleh para peziarah.

Namun yang unik dari rombongan peziarah tersebut, diakui Arifin peziarah yang berkunjung ke makam syaikh Munamakkin didominasi oleh pencari ilmu. Sedangkan makam Syaikh Ronggo mayoritas diziarahi oleh masyarakat dari golongan pengusaha dan pedagang.

Baca Juga :   Video : 5 Mitos Yang Tidak Masuk Akal Di Indonesia

“Disini banyak makam wali. Tapi yang terkenal ya Mbah Mutamakkin dan Mbah Ronggo itu. Dari dua makam itu, biasanya para peziarah dengan niat dan doa yang berbeda mas,” ungkap Arifin kepada Mitrapost.com pada Kamis (23/7/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati