Alasan Kenapa Harus Baca Doa Sebelum Masuk WC

Mitrapost.com Dalam ajaran agama Islam, umat muslim dianjurkan untuk mengawali setiap aktivitas dengan membaca basmalah dan mengakhirinya dengan membaca hamdalah. Hal ini juga termasuk saat akan memasuki kamar mandi, baik itu untuk keperluan buang hajat maupun keperluan yang lain.

Membaca doa sebelum masuk wc dianjurkan oleh ulama. Hal ini berdasarkan hadis Zaid bin Arqam radhiallahu anhu

  إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ ، فَإِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ الْخَلَاءَ فَلْيَقُلْ : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ (رواه أبو داود، رقم 6 وصححه الألباني في صحيح أبي داود)

“Sesungguhnya tempat buang hajat didiami setan, jika salah seorang di antara kalian masuk WC, aka ucapkanlah; A’uuzu billahi minal khubutis wal khabaits” (HR. Abu Daud, no. 6, dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam shahih Muslim)

Baca Juga :   Doa Berlindung dari Hilangnya Nikmat dan Kesehatan

Melansir Islamqa, Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata dalamm kitab Asy-Syarhul Mumti, 1/83, “Manfaat minta perlindungan adalah bersandar kepada Allah Azza wa Jalla dari godaan setan laki dan perempuan, karena itu adalah tempat yang kotor, dan tempat kotor adalah tempat berdiamnya setan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati