oleh

Alasan Kenapa Harus Baca Doa Sebelum Masuk WC

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com Dalam ajaran agama Islam, umat muslim dianjurkan untuk mengawali setiap aktivitas dengan membaca basmalah dan mengakhirinya dengan membaca hamdalah. Hal ini juga termasuk saat akan memasuki kamar mandi, baik itu untuk keperluan buang hajat maupun keperluan yang lain.

Membaca doa sebelum masuk wc dianjurkan oleh ulama. Hal ini berdasarkan hadis Zaid bin Arqam radhiallahu anhu

  إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ ، فَإِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ الْخَلَاءَ فَلْيَقُلْ : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ (رواه أبو داود، رقم 6 وصححه الألباني في صحيح أبي داود)

“Sesungguhnya tempat buang hajat didiami setan, jika salah seorang di antara kalian masuk WC, aka ucapkanlah; A’uuzu billahi minal khubutis wal khabaits” (HR. Abu Daud, no. 6, dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam shahih Muslim)

Baca Juga :   Doa Berlindung dari Hilangnya Nikmat dan Kesehatan

Melansir Islamqa, Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata dalamm kitab Asy-Syarhul Mumti, 1/83, “Manfaat minta perlindungan adalah bersandar kepada Allah Azza wa Jalla dari godaan setan laki dan perempuan, karena itu adalah tempat yang kotor, dan tempat kotor adalah tempat berdiamnya setan.

Baca juga: Doa Berlindung dari Hilangnya Nikmat dan Kesehatan

Doa masuk WC/kamar mandi

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillâhi Allâhumma innî a’ûdzu bika minal khubutsi wal khabâitsi

Artinya, “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina.”

Doa keluar WC/kamar mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Baca Juga :   Doa Meminta Takdir yang Baik kepada Allah

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi Artinya,

“Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai bagian orang yang bertobat dan jadikanlah aku bagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina).”

Baca juga: