Pakai Earphone Saat Tidur Bisa Akibatkan Infeksi Hingga Gangguan Pendengaran

Mitrapost.com Saat sulit tidur sejumlah orang memilih mendengarkan musik yang disambungkan ke earphone agar bisa cepat terlelap. Mendengarkan musik dan lagu melalui earphone memang mempunyai efek berbeda daripada lewat speaker. Namun, memakai earphone dalam kondisi tidur rupanya dapat membahayakan indra pendengaran.

Bahaya memakai earphone saat tidur mungkin tidak langsung dirasakan, namun efek jangka panjangnya bisa menyebabkan kerusakan syaraf pada telinga. Terlebih jika volume yang disetel melebihi batas maksimum yang disarankan. Nah, berikut bahaya menggunakan earphone saat tidur:

Baca juga: Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas

Kotoran telinga menumpuk

Untuk mendapatkan suara musik yang jernih, banyak produsen mendesain eraphone agar tidak ada aliran udara yang masuk saat mengenakan earphone. Hal ini mengakibatkan kotoran telinga menumpuk  dan mengeras.

Baca Juga :   Mitos Vs Fakta Pantangan Wanita saat Haid

Saat kotoran telinga menumpuk inilah yang memicu pertumbuhan bakteri penyebab infeksi telinga.

Nyeri pada telinga

Sering menggunakan earphone saat tidur lebih rentan mengalami nyeri telinga. Terlebih jika penggunaan earphone tidak tepat, selain menyebabkan telinga berdenging juga membuat telinga tidak nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati