oleh

Undang Veteran Naik Podium, Ini Pesan Ketua Legiun Veteran Jateng pada HUT RI

Semarang, Mitrapost.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengundang pejuang veteran kemerdekaan untuk naik podium inspektur dalam upacara HUT RI ke-75 di halaman Kantor Gubernur Jateng.

Awalnya, Ganjar sebagai inspektur upacara membacakan amanat tentang sosok Mbah Padmo Darsono, warga Dusun Girpasang, Klaten. Tiba-tiba diakhir pembacaan amanat, Ganjar menengok ke belakang, ke arah tamu undangan.

“Dalam kesempatan yang baik ini saya mengundang senior kita, veteran kita untuk naik ke podium ini, saya persilahkan,” katanya.

Baca juga: Video : Sambut HUT RI, Polda Jateng dan Pemkab Batang Lakukan Panen Raya dan Bakti Sosial

Tak ayal, permintaan tersebut membuat sejumlah pejabat dan peserta upacara terkejut. Sebab, permintaan itu tidak ada dalam tata urutan upacara yang telah disusun.

Mendapat permintaan dari orang nomor satu di Jawa Tengah ini, salah satu veteran kemudian berdiri dan berjalan ke arah Ganjar.

Satu petugas upacara nampak menggandeng veteran itu yang diketahui bernama M Amin Munadjat, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jateng.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah Pak Gubernur lakukan terhadap masyarakat Jawa Tengah. Bapak tidak lupa jauh di ujung sana, di puncak bukit, ada masyarakat kita yang sangat sederhana. Itu patut kita apresiasi,” kata Munadjat mengomentari cerita Mbah Padmo yang dibacakan Ganjar.

Baca juga: Sambut HUT RI, Polda Jateng dan Pemkab Batang Lakukan Panen Raya dan Bakti Sosial

Dalam kesempatan itu, Munadjat menyatakan keprihatinan melihat melemahnya persatuan dan kesatuan bangsa. Ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, hankam, dan agama menjadi bahan yang diperdebatkan secara berlebihan bahkan keluar dari konteksnya.

”Kita harus bersama, bersatu untuk mengatasi Covid-19 yang dampaknya sampai ke seluruh aspek kehidupan. Kita bangsa bhinneka dan kita harus menjadikan Pancasila sebagai satu-satunya pedoman oleh setiap warga bangsa,” ungkapnya.

Baca juga: Perayaan HUT RI, Ganjar Sarankan Gelar Lomba yang Bersifat Virtual

Munadjat juga secara khusus menitipkan pesan pada Ganjar untuk terus menjaga persatuan, keguyuban, dan kerukunan warga.

“Kami tahu Bapak sudah berbuat banyak untuk Jawa Tengah, namun mewakili teman-teman veteran kami titip agar Jateng tetap terjaga persatuan kesatuannya, guyub rukun warganya, dijiwai nilai-nilai pancasila untuk menjadi bangsa yang tata tentrem kerta raharja,” tandasnya kepada Mitrapost.com, Selasa (18/8/2020). (*)

Baca juga:

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral