oleh

Pengkoljagong Mural Festival 2020 Jadi Media Sosialisasi Perdes Lingkungan Hidup

Blora, Mitrapost.com Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora resmi membuka Pengkoljagong Mural Festival 2020, Kamis (20/8/2020).

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Slamet Pamudji melalui Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Wahyu Tri Mulyani dengan simbolis menyemprotkan cat semprot pada bidang mural yang telah disediakan.

Dalam kesempatan itu, Wahyu berharap, Pengkoljagong Mural Festival 2020 dapat menjadi tonggak awal menjadikan Desa Pengkoljagong menjadi Desa Wisata.

“Memang harus demikian, di setiap desa harus ada orang-orang yang berani mengambil resiko, dengan melakukan berbagai inovasi. Seperti yang dicontohkan Pak Kades Pengkoljagong. Setelah acara ini usai, kita akan melihat dinding-dinding bangunan di Desa Pengkoljagong menjadi penuh warna dan semakin indah,” harapnya saat membuka Pengkoljagong Mural Festival 2020 di Pendopo Balaidesa Kridha.

Baca Juga :   Koramil 19/Gabus Bersama Warga Bahu-membahu Perbaiki Tanggul Jebol

Baca juga: Izinkan Seniman Pentas Lagi, Ganjar: Tapi Virtual

Pengkoljagong Mural Festival 2020 digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75. Sekaligus sebagai sarana sosialisasi Peraturan Desa (Perdes) Pengkoljagong nomor 06 tahun 2020 tentang Lingkungan Hidup.

Kepala Desa Pengkoljagong, Sugiyono menegaskan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan hidup di desanya. Selain itu, pihaknya berharap dengan hadirnya para seniman mural dari berbagai kota se-Indonesia itu dapat menjadi mitra sosialisasi pentingnya pelestarian lingkungan.

“Kepada rekan-rekan seniman, mohon bantu kami menyampaikan hal ini. Dewasa ini, banyak burung-burung yang diburu. Melalui Perdes ini kita berharap semangat penyelamatan lingkungan dapat menjadi semangat kita bersama. Semangat ini mohon njenengan ekspresikan dalam seni mural,” pintanya.

Baca Juga :   Tak Ingin BLT UMKM Rp1,2 Juta Hangus, Perhatikan Hal-Hal Berikut

Pengkoljagong Mural Festival 2020 diikuti sejumlah perupa kondang, diantaranya Usye (Blora), Remon Tattoo (Rembang), Ghaust (Karawang), dan sejumlah seniman tenar lainnya. Pembukaan acara ini juga dihadiri anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah Sulistyorini, anggota Komisi B DPRD Provinsi Jateng Prayogo Nugroho, dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gartini. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Berita Terkait