oleh

Penegakan Hukum Pelanggar Protokol Kesehatan, Gus Yasin Minta Gandeng Tokoh Agama

Semarang, Mitrapost.com – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen alias Gus Yasin mendukung penuh langkah penegakan hukum bagi para pelanggar protokol kesehatan di Jawa Tengah.

Hal tersebut dikatakan oleh Gus Yasin, usai mengikuti rapat rutin koordinasi percepatan penanganan Covid-19 di gedung A lantai 2 kantor Pemprov Jateng, Selasa (25/8).

Baca juga: Tantangan Perkelahian, 20 Remaja Dibekuk Polrestabes Semarang

“Saya minta upaya penegakan hukum bagi pada pelanggar protokol kesehatan juga dapat dilakukan dengan menggandeng tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya untuk bisa memberikan edukasi,” ujarnya.

Menurut anak ulama kharismatik, Almarhum KH Maimun Zubair ini, pelibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat dapat menambah tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Tokoh agama, tokoh masyarakat harus diajak dalam operasi penegakan hukum ini. Harapannya, tidak hanya dari pemerintah, namun masyarakat mendapatkan edukasi dari tokoh lain yang mereka percaya dan hormati,” jelasnya.

Baca juga: Lapas Semarang Gelar Muhasabah dalam Memperingati 1 Muharram

Untuk diketahui, Pemprov Jawa Tengah resmi memberlakukan penegakan hukum bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Mereka yang tidak memakai masker di luar rumah, tidak jaga jarak bakal mendapat hukuman.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang mana setiap daerah diberikan kebebasan memberikan sanksi masing-masing melalui Perbub atau Perwal.

Baca juga: 606 Narapidana Lapas Kelas 1A Semarang dapat Remisi Kemerdekaan

Sebagai contoh, Kota Semarang yang menghukum pelanggar dengan menyapu jalanan selama 15 menit, atau penyitaan KTP, Banyumas dengan pengambilan KTP hingga sidang di pengadilan, Kabupaten Batang dengan penghafalan Pancasila, dan nama tokoh bangsa.

Sementara, untuk pelanggar yang berbentuk badan usaha, mayoritas Kabupaten/Kota akan memberikan sanksi penutupan sementara izin usaha. (*)

Baca juga:

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Berita Terkait