Selalu Dianggap Sama, Ternyata Kakao dan Kokoa Berbeda

Mitrapost.com –  Kakao dan kokoa adalah dua istilah yang taka sing lagi di telinga kita. Keduanya berasal dari pohon yang sama, memiliki nama yang terdengar sama tak heran jika kebanyakan orang menganggap sama.

Pada dasarnya, kakao memiliki rasa dan gizi yang sama dengan kokoa atau cokelat. Tapi,
kakao tidak dilengkapi dengan penambahan gula dan lemak, serta mengalami proses pengolahan yang lebih sedikit dibandingkan kokoa.

Baca juga: Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Kayu Manis

Kakao berasal dari biji yang bisa dimakan pada pohon kakao, pohon asli daerah tropis. Setelah diambil dari pohon, biji ini akan dijemur dibawah sinar matahari agar terfermentasi dan mengering secara alami.

Baca Juga :   Bukan Sekedar Mitos, Makan Cokelat Bisa Redakan Stres

Di pasaran, kakao tersedia dalam berbagai bentuk. Beberapa di antaranya adalah kakao bubuk dan kakao nib. Kakao nib merupakan biji kakao mentah yang telah dihancurkan dan memiliki tekstur yang mirip dengan biji kopi. Kakao nib dan juga kakao bubuk memiliki rasa seperti dark chocolate tanpa gula yang sedikit pahit, disertai dengan rasa buah-buahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati