Bercanda Jangan Keterlaluan, Body Shaming Ancam Kesehatan Mental

Mitrapost.com – Mempermalukan orang lain dengan menyinggung bentuk tubuh sering kali kita lontarkan lewat candaan. Dikenal dengan istilah body shaming ini biasanya berisi perkataan basa-basi yang sering kali dianggap sepele, seperti “Kog sekarang tambah gemuk ya.”

Meskipun dengan tujuan bercanda, nyatanya pernyataan semacam itu dapat menimbulkan efek negatif bagi orang yang bersangkutan. Menurut penelitian body shaming bisa memicu seseorang tidak suka dengan dirinya sendiri. Parahnya, bisa membuat orang depresi hingga kecenderungan memiliki keinginan bunuh diri.

Baca juga: Tips Merawat Rambut Agar Terhindar Dari Kerusakan Bercabang  

Kondisi sosial yang sudah turun temurun membuat body shaming sering dipandang sebagai sesuatu yang biasa. Padahal, dampak perilaku ini bisa sangat berbahaya baik secara fisik maupun mental orang yang menerimanya. Seringkali, pelaku body shaming tidak sadar bahwa mereka sudah melakukan perilaku tersebut.

Baca Juga :   5 Alasan yang Mengharuskan Kamu Punya Target Dalam Menabung

Seringkali, perkataan-perkataan menyakitkan itu disebut “hanya bercanda”. Tentu, hal tersebut tidaklah benar. Sebab, perilaku yang dibilang bercanda ini, bisa membahayakan orang yang menerimanya, baik secara fisik maupun psikologis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati