Telang, Tumbuhan Liar menjadi Minuman Kaya Manfaat

Pati, Mitrapost.com – Kebanyakan masyarakat menilai Bunga Telang atau Kembang Telang merupakan tumbuhan liar yang tak berguna. Namun, tidak bagi Dyah Puji Astuti (23). Dengan keterampilannya, tumbuhan yang dipandang sebelah mata ini dapat menjadi berbagai olahan minuman yang kaya manfaat.

Kembang Telang memiliki beberapa jenis. Namun, menurut Dyah, yang dapat terlarut dengan air adalah Kembang Telang yang berwarna biru atau yang bernama latin Clitoria Ternatea.

Dyah mengenal Kembang Telang ini di Bogor pada tahun 2017. Saat itu ia kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) semester 6. Ia penasaran dengan tumbuhan yang banyak dijumpai di dataran tinggi ini. Terlebih, Kembang Telang yang berwarna biru tidak dijumpai di kota kelahirannya, Pati.

Baca Juga :   Kreatif, Warga Juwana Sulap Limbah Bengkel Jadi Ornamen Interior

“Saat itu saya di Bogor, lihat banyak Kembang Telang. Terus saya eksperimen dan browsing, apa manfaat kembang ini. E, ternyata banyak,” ujar Dyah yang lulus dari IPB pada tahun 2019.

Berbagai manfaat kembang ini di antaranya, meningkatkan daya ingat, mengatasi gangguan kecemasan, meringankan depresi, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi peradangan dan menyehatkan jantung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati