Mengatasi Stres di Tengah Pandemi Yang Tak Kunjung Usai, 5 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan

Mitrapost.com – Kemunculan wabah pandemi memaksa masyarakat untuk mengubah kebiasaan di kehidupan sehari-harinya. Tak jarang, perubahan yang terjadi secara drastis ini dapat memicu stres bagi sebagian orang.

Seiring berjalannya waktu, kita mungkin sudah mulai beradaptasi dengan kebiasaan yang mengharuskan lebih banyak aktivitas di rumah. Namun, mungkin sebagian orang yang lain justru mengalami stress karena kondisi pandemi yang tak kunjung berakhir.

Baca juga: Tips Kelola Keuangan Secara Ideal Ketika Single

Melansir Kompas.com menurut Psikolog Susan Albers, PsyD, akibat pandemi ini orang-orang bisa mengalami frustasi, stres dan dalam beberapa kasus bisa berdampak depresi terhadap masa depan.

Hal semacam itu wajar terjadi sebagai bentuk luapan emosi yang dirasakan di tengah ketidakpastian ini. 5 cara berikut mungkin bisa membantumu mengurangi rasa stres itu secara perlahan.

  1. Mengambil kendali
Baca Juga :   Jelang Hari Raya Baznas Pati Serahkan Bantuan 286 Tukang Sapu Jalan

Menurut Dr. Albers, manusia pada dasarnya suka ketika mereka memiliki kontrol atas sesuatu. Kita memang tidak memiliki tongkat ajaib untuk bisa melenyapkan virus corona dalam sekejap, tapi kita bisa fokus pada hal-hal di mana kita bisa memiliki kendali atas hal tersebut. Tak perlu muluk-muluk, bahkan hal itu bisa merupakan kegiatan sederhana, seperti pada jam berapa kita pergi tidur setiap malam. Buatlah daftar mengenai hal-hal apa saja yang berada di dalam kendali kita dan kumpulkan energi untuk fokus pada hal-hal tersebut.