Waspada Modus Penipuan Via WhatsApp, Telepon Menang Lotre

Mitrapost.com – Tak kahabisan akal, pelaku kejahatan cyber semakin pintar mencari mangsa. Kali ini dengan mengirimkan file audio di WhatsApp berkedok hadiah lotere.

Hati-hati jika kalian menerima file audio dari nomor tak dikenal atau telepon WhatsApp dari orang asing yang berdalih sebagai perwakilan layanan pengguna WhatsApp. Modus penipuan macam ini tengah marak terjadi di India.

Baca juga: 5 Inovasi Teknologi yang Bisa Kamu Gunakan Agar Tetap Sehat Selama PSBB

Melalui rekaman suara, penjahat cyber menginformasikan korban memenangkan tiket lotere senilai Rs 25 lakh atas nama WhatsApp.

Korban diminta untuk menghubungi cabang State Bank of India (SBI) di Mumbai untuk mengklaim hadiah. Menariknya, si penipu akan memaksa memanggil seseorang yang disebutnya sebagai manager cabang dan hanya bisa melalui WhatsApp.

Baca Juga :   Trik Merawat Baterai Smartphone Tetap Awet

Baca juga: Instagram Bakal Pasang Ongkos Untuk Menautkan Link

Mengutip detikINET, rekaman audio ini dilengkapi dengan gambar yang bercerita tentang lotere secara random. Penipuan ini juga melibatkan beberapa orang, termasuk yang mengaku sebagai manajer cabang SBI.

Setelah korban dibujuk menelepon si penipu, dia akan diminta menyetor biaya pendaftaran dan pajak untuk jumlah lotere. Tentu saja, jika korban menuruti perintah si penipu, uangnya akan hilang.

Baca juga: Apple Buka Pabrik di India

Tak hanya itu, menggunakan cara lain si penipu akan mengarahkan korban agar menginstal aplikasi. Nantinya, aplikasi ini akan bertindak sebagai desktop jarak jauh yang akan dimanfaatkan si penipu untuk mencuri detail cookies, PIN, password, dan informasi lain milik korban.

Baca Juga :   Dua Pemilik Agen Travel Umrah Tipu Puluhan Jemaah, Korban Rugi Miliaran

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati