oleh

Tetap Dekat dengan Kerabat, Hindari Kecanduan Media Sosial

Mitrapost.com Saat ini banyak sekali media sosial bermunculan dan bersaing satu sama lain. Kehadiran media sosial ini sedikit banyak juga mempengaruhi gaya berkomunikasi kita. Berkomunikasi bisa semakin praktis, mengakses informasi juga gampang dengan satu sentuhan jari. Akan tetapi, kemudahan ini juga berpotensi negatif saat sudah kecanduan mengandalkan media sosial.

Dalam hal berkomunikasi misalnya. Tak jarang kita yang berada dalam satu ruangan saja memilih berkomunikasi menggunakan aplikasi chatting dari pada komunikasi secara langsung. Jika sudah begini, media sosial seolah mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Lingkaran seperti ini tentu tak baik jika dilakukan berlarut-larut.

Lalu, bagaimana cara mengatasi agar tidak kecanduan media sosial?

Baca juga: Terlalu Lama di depan Komputer, Lakukan Senam Mata untuk Redakan Mata Lelah

Sosialisasi di kehidupan nyata

Dalam kondisi tertentu berkomunikasi dengan memanfaatkan media sosial memang menguntungkan. Akan tetapi, menjalin komunikasi secara langsung sering kali menjadi cara bersosialisasi lebih dekat.

Ambil contoh di cerita film Susah Sinyal. Komunikasi anak dan ibu yang hanya melalui media sosial membuat hubungan keduanya terasa jauh dan berbatas. Berbeda ketika pada prosesnya, hubungan anak-ibu saling hadir dan berkomunikasi secara langsung. Hubungan keduanya menjadi lebih baik meskipun sang ibu sibuk dengan pekerjaannya.

Cari kegiatan lain

Kecanduan media sosial membuat kita enggan berpisah dari gawai. Apalagi di kondisi pandemi Covid-19 yang lebih banyak menuntut kita untuk social distancing dan physical distancing, media sosial menjadi salah satu jalan keluar untuk tetap terhubung dengan yang lain dan media penghiburan yang mudah didapat.

Saat sudah merasa kecanduan media sosial, maka kamu butuh melakukan kegiatan lain yang bisa mendistraksi dari men-scroll time line media sosial.

Banyak kegiatan yang bisa dicoba, mulai dari membuat kerajinan, bercocok tanam, mendekor ulang kamar tidur, dan kegiatan DIY lainnya. Kamu juga bisa mulai mempraktekkan hobi kamu yang belum terealisasi.

Baca juga: Pastikan Perangkat Anda Resmi, Ketahui Tanda-tanda Ponsel BM

Batasi penggunaan gadget

Gunakan media sosial seperlunya, atau manfaatkan dengan bijak penggunaan media sosial. Kamu nggak selalu harus update segala sesuatu di media sosial. Kurangi window shoping, scroll feed media sosial tiap menit.

Untuk mengontrol penggunaan gadget dan media sosial, kamu bisa memasang stopwatch atau alarm untuk mengingatkan waktu kamu dengan smartphone di tangan atau laptop di pangkuan.

Atau, kamu juga bisa mematikan notifikasi agar terhindar menggunakan media sosial secara berlebihan. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed