oleh

Muncul Stigma Negatif Akibat Covid-19, Dewan: Wabah Ini Bukanlah Aib

Pati, Mitrapost.com – Penyebaran virus Corona tidak hanya menimbulkan keresahan dibidang kesehatan namun juga sosial. Muncul banyak stigma negatif yang berlalu lalang di masyarakat.

Stigma negatif ini sering kali menyasar tenaga kesehatan dan pasien terjangkit virus Corona. Sering kita jumpai pemberitaan akibat dari timbulnya stigma negatif seperti kasus perawat yang diusir dari kost, pengucilan paramedis yang merawat pasisen terinfeksi virus Corona, hingga penolakan jenazah pasien terinfeksi virus tersebut.

Baca juga: Dewan Pati Sayangkan Pihak yang Melanggar Jam Malam

Masih banyak orang yang memberikan stigma negatif terhadap pasien yang terinfeksi Covid-19. Hal ini tentunya terjadi karena adanya beberapa faktor, di antaranya adalah kesadaran dan ketidaktahuan masyarakat mengenai covid-19 itu sendiri.

Menanggapi fenomena tersebut, salah satu anggota DPRD Kabupaten Pati, Noto Subiyanto pun angkat bicara. Noto meminta masyarakat untuk memahami bahwa orang yg terpapar virus corona atau Covid-19 bukanlah aib.

Baca juga: Bantuan Dinilai Tak Tepat Sasaran, Dewan: Perlunya Verifikasi Data Oleh Dinas Terkait

“Ini adalah wabah. Seharusnya jangan dijauhi atau mendapat stigma negatif masyarakat, justru kita harus memberikan motivasi dan membantu mereka untuk sembuh dan menatap hidup ke depan,” ungkapnya kepada Mitrapost.com.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini juga menyayangkan adanya stigma negatif yang muncul di masyarakat ini. Terlebih, sering kali menimpa tenaga kesehatan yang telah berjuang mengobati pasien terjangkit Covid-19.

“Jauhi penyakitnya, bukan orangnya,” pungkas politisi PDI Perjuangan itu.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed