oleh

Ngaku Punya Utang Rp 50 Juta, Kepala Toko Minimarket Bobol Tempat Kerjanya

Tasikmalaya, Mitrapost.com – Ngaku punya utang pinjaman online sebesar Rp50 juta, kepala toko minimarket di Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya nekat membobol tempatnya bekerja.

Aksi pelaku yang berinisial RJ (30) pada Senin (21/9/2020) berhasil menggondol sejumlah uang dan rokok senilai Rp60 juta

“Kita ungkap pembobolan swalayan ini kurang dari 24 jam. Kita amankan pelakunya yang bobol brangkas dan ambil rokok,” kata AKP Hario Prastyo Seno, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya saat rilis, Selasa (22/09/2020).

Dalam penyelidikan, RJ ternyata sudah bekerja sembilan tahun lamanya di minimarket tersebut. Utang dari pinjaman online (pinjol) yang mencapai Rp50 juta membuatnya gelap mata.

“Uang itu digunakan untuk bayar utang pinjaman online. Dia merupakan kepala toko yang sudah lama bekerja di sana,” ungkap Hario.

Baca juga: Trik Hindari Pembobolan Rekening Lewat Nomor Telepon Mati

Menariknya, RJ justru yang melaporkan kejadian pencurian tersebut ke polisi.”RJ atau pelaku melaporkan pencurian di Alfamart Sukarame ke Polsek Sukarame,” kata Hario.

Dihadapan polisi, RJ mengaku dia terpaksa pinjam uang untuk menutupi kehilangan barang yang kerap terjadi di swalayan.

“Saya pinjam juga buat nutup ganti rugi barang yang hilang dicuri di swalayan. Kan sering. Saya harus tanggung jawab sebagai kepala toko. Jadi saya pinjam terus ke online”, Ucap RJ.

Pelaku sempat menggunakan uang hasil membobol brankas Alfamart untuk melunasi utangnya.

Adapun barang bukti yang diamankan selain uang kas Rp26 juta juga ratusan bungkus rokok dan CCTV yang dirusak serta sepeda motor.

“Pelaku kita jerat pasal 363 ayat 1 tentang pencurian dengan ancaman pidana kurungan penjara selama tujuh tahun,” pungkas Hario. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Terlilit Utang Pinjol, Kepala Minimarket Bobol Tempat Kerjanya Sendiri

Komentar

Berita Terkait