oleh

Mirip Instagram, WhatsApp Tengah Jajal Fitur Pesan Foto Menghilang Otomatis

Mitrapost.comWhatsApp digadang-gadang tengah menjajal fitur baru berjuluk Expiring Media. Menggunakan fitur ini, memungkinkan pengguna menghilangkan foto dan video yang mereka kirimkan secara otomatis.

Mengutip detikINET, Rabu (23/9/2020) situs WABetaInfo yang pertama kali menemukan fitur ini. Fitur ini merupakan bagian dari update baru yang didaftarkan WhatsApp ke Google Play Beta Program untuk versi 2.20.201.1.

Baca juga: 5 Inovasi Teknologi yang Bisa Kamu Gunakan Agar Tetap Sehat Selama PSBB

Fitur Expiring Media diduga ekstensi dari fitur Expiring Messages yang saat ini masih dalam percobaan. Melalui fitur ini, file media yang dikirim pengguna akan hilang secara otomatis seusai penerima pesan meninggalkan chat.

Fitur ini dapat digunakan dengan menekan tombol mirip timer. Pengguna hanya perlu menekan tombol tersebut setelah menambahkan media yang akan dikirimkan. Setelah itu, pesannya akan mengilang secara otomatis.

Baca juga: Babak Penyaluran Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud

Lebih menariknya, pengguna tanpa perlu repot mengatur timer karena foto atau video akan langsung menghilang sehabis penerima melihat pesan. Foto ataupun video yang menghilang tidak akan ditandai dengan pesan seperti “Media ini telah kadaluwarsa”, sepertihalnya pesan WhatsApp yang dihapus.

Kamu akan tahu media tersebut akan menghilang secara otomatis setelah dilihat, dengan adanya tanda ikon timer. Sayangnya, Fitur ini baru tersedia di WhatsApp versi Android saat ini.

Baca juga: Gandeng Startup Qasir, Grab Bantu Sistem Transaksi UMKM

Sekilas, fitur Expiring Media mirip dengan fitur Instagram yang memungkinkan pengguna mengirim foto atau video lewat DM yang bisa menghilang secara otomatis.

Hingga saat ini, WhatsApp belum menginformasikan lebih lanjut tentang fitur Expiring Messages atau Expiring Media. Begitu juga, belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan secara umum.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait