oleh

Babak Penyaluran Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud

Mitrapost.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) mulai menyalurkan kuota data internet bagi pelajar, mahasiswa, dan guru di Indonesia.

Penyaluran kuota gratis ini akan berlangsung selama 4 bulan, mulai dari September hingga Desember. Pembagian kuota bagi peserta didik dipecah dalam beberapa kategori tingkatan.

Baca juga: 40 Persen Tenaga Pendidik ‘Generasi Old’ Dipaksa Melek Teknologi

Mengutip KompasTekno, Rabu (23/9/2020) kategori PAUD, akan mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan 15 GB kuota belajar. Peserta didik di jenjang pendidikan dasar (SD) dan menengah (SMP, SMA dan sederajat) mendapatkan jatah kuota data 35 GB per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan 30 GB kuota belajar.

Sementara itu, para pendidik (guru) akan mendapatkan kuota, yang juga dibagi dalam dua kategori. Kategori pendidik PAUD, SD, SMP dan SMA akan mendapatkan kuota data 42 GB per bulan, terdiri dari 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar. Kemudian, bantuan kuota internet untuk mahasiswa dan dosen akan mendapatkan kuota 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Baca juga: Gagal Meminang TikTok, Microsoft Berhasil Dapatkan Zeimax Media dengan Nilai Fantastis

Penyaluran kuota subsidi tersebut dilakukan selama 4 (empat) bulan, yakni dimulai pada September hingga Desember 2020 dengan jadwal sebagai berikut.

Bantuan kuota data internet di bulan September tahap I pada 22-24 September 2020. Tahap II pada 28-30 September 2020.

Baca juga: Tangguhkan Larangan Download, Benarkah WeChat Batal Diblokir AS?

Bantuan kuota data internet untuk Oktober, tahap I dimulai pada 22-24 Oktober 2020. Tahap II yakni pada tanggal 28-30 Oktober 2020. Bantuan kuota data internet untuk November dan Desember akan dikirim secara bersamaan dengan jadwal tahap I pada 22 – 24 November 2020. Sementara untuk tahap II dimulai pada 28 – 30 November 2020.

Bantuan kuota data internet ini diberikan guna mendukung pembelajaran jarak jauh yang mulai diterapkan sejak mewabahnya pandemi Covid-19. Pengadaan kuota data internet gratis ini berasal dari seluruh penyedia layanan telekomunikasi seluler dengan tariff dan pola kerja sama yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud RI.

Baca juga: Mozilla Tutup Layanan Firefox Send dan Firefox Note, Fokus Garap Mozilla VPN

Sementara iyu, proses penyaluran ini meliputi penentuan pihak yang berhak menerima beserta hal teknis lainnya sesuai dengan aturan yang termaktub dalam Peraturan Sekretaris Jendral No.14/2020 tantang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait