oleh

Protokoler Pemakaman Hanya untuk Jenazah Pasien Positif dan yang Bergejala Covid-19

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati menampik isu bahwa semua pasien yang meninggal dimakamkan dengan protokoler pemakaman jenazah Covid-19.

Kepala Dinkes (Kadinkes) Kabupaten Pati Edy Siswanto mengungkapkan hanya jenazah pasien yang positif Covid-19 dan jenazah pasien yang terindikasi mengidap virus corona yang dimakamkan dengan pemakaman jenazah Covid-19.

“Tidak semuanya pasien yang meninggal dimakamkan dengan pemakaman jenazah Covid-19,” ujar Edy saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Kamis (24/9/2020).

Hal ini, kata Edy, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang dikeluarkan pada bulan Juli lalu.

“(Berdasarkan) revisi KMK, itu ada yang namanya probable, probable itu adalah orang yang punya penyakit atau orang-orang yang sepuh yang gejalanya mengarah Covid-19 dengan pemeriksaan laboratorium mendukung, walaupun hasil swabnya belum jadi, maka apabila meninggal itu pemakamannya protokol Covid-19,” tutur Edy.

Baca Juga :   Banyak Aduan Netizen, Dewan Pati Minta Disdugcapil Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Baca juga : Klaster Gereja di Pati, 21 Jemaat Positif Covid-19

Pemakaman jenazah pasien probable ini dilakukan dengan protokol pemakaman jenazah Covid-19 karena sebagai wujud kehati-hatian dan sebagai upaya pencegahan. Menurut Edy, KMK ini mengacu kapada peraturan yang dibuat oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

“Kementerian Kesehatan itu mengacu kapada WHO, karena WHO dinamis peraturannya, ya karena Covid-19 ilmu yang baru, sehingga peraturannya pun selalu disesuaikan,” kata Edy.

Kasus meninggal di Kabupaten Pati sendiri, hingga Jumat (25/9/2020) pukul 10.00 WIB ini mencapai 128. Dari jumlah itu 84 belum terkonfirmasi positif Covid-19 dan 40 telah terkonfirmasi positif Covid-19. (*)

Baca juga : 

Baca Juga :   Dinkes Pati Pastikan Obat ARV Tersedia Gratis bagi Orang dengan HIV

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral