Mengapa Harga Smartphone Meroket di Masa Pandemi? Ini Penjelasannya

Mitrapost.com – Pandemi Covid-19 melumpuhkan berbagai sektor di negeri ini. Tak luput, sektor industri smartphone juga terseok sebab pandemi ini.

Menurut beberapa laporan firma riset pengiriman smartphone global mengalami penurunan sepanjang tahun 2020 dibanding dengan tahun sebelumnya. Meskipun demikian, menurut laporan Counterpoint Research, harga jual rata-rata (average selling price/ASP) smartphone justru naik 10 persen secara global.

Baca juga: 5 Inovasi Teknologi yang Bisa Kamu Gunakan Agar Tetap Sehat Selama PSBB

Hal ini terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Banyaknya toko retail yang tutup akibat kondisi ekonomi imbas pandemi Covid-19 menjadi salah satu sebab kenaikan harga smartphone. Akibatnya permintaan ponsel murah juga turun.

Baca Juga :   Dicekal, TikTok Gugat Donald Trump

Sementara di sisi lain, harga smartphone premium penurunannya tidak terlalu drastis, dan permintaan pasar akan ponsel high-end tetap sama. Pertumbuhan ponsel 5G (terutama di China) pada kuartal ini juga berpengaruh terhadap harga jual ponsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati