oleh

Cepat Rusak, Sadari Kebiasaan Buruk Memperpendek Umur Laptop

Mitrapost.com – Laptop menjadi hal penting untuk menunjang pekerjaan. Usia laptop rata-rata berkisar antara 3-5 tahun, sebelum akhirnya menjadi rusak atau tak berfungsi optimal seperti sediakala.

Tanpa sadar, kamu melakukan hal-hal yang bisa memperpendek usia laptop. Apa saja kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak laptop? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 5 Inovasi Teknologi yang Bisa Kamu Gunakan Agar Tetap Sehat Selama PSBB

  1. Makan sambil menggunakan laptop

Makan sambil menggunakan laptop tak hanya membuat laptop kotor, tetapi bisa menyumbat sela-sela keyboard dan menjadikannya macet. Daripada repot-repot membersihkan keyboard, lebih baik tinggalkan kebiasaan ini sejak awal! Luangkan waktu khusus antara 5-10 menit untuk makan. Ini akan memberi kesempatan pada laptop untuk mendinginkan diri sejenak.

  1. Menaruh benda di atas laptop

Kadang-kadang kita tanpa sadar menaruh benda di atas laptop, seperti menumpuk buku atau menaruh barang yang cukup berat di atasnya. Menaruh benda di atas laptop menyebabkan kerusakan serius pada layar LCD atau engsel laptop. Selain itu, kebiasaan ini bisa menggores bagian belakang monitor.

Baca juga: Coba Buat Animasi, Line Luncurkan Fitur Avatar

Jika itu terjadi, kita perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyervis laptop. Kebiasaan lain yang tak kalah buruk adalah menaruh benda di atas keyboard. Jika kita lupa, benda tersebut bisa memecahkan layar apabila kita menutup laptop tanpa sengaja.

  1. Menumpahkan cairan pada laptop

Menurut laman Sewelltech, 60 persen dari kerusakan laptop disebabkan oleh tumpahan cairan. Kebiasaan menaruh minuman di sekitar laptop memang berbahaya. Karena kita bisa sewaktu-waktu menyenggol dan menumpahkannya tanpa disengaja. Oleh karena itu, hindari kebiasaan minum atau meletakkan cairan di sekitar laptop.

Jika terlambat, segera matikan laptop. Lalu keluarkan dan bersihkan laptop dari cairan. Setelahnya, balik laptop untuk membuat cairan keluar. Jika kamu punya pengering rambut (hair dryer), keringkan laptop dari jarak 20 cm. Langkah terakhir adalah biarkan laptop terbuka secara terbalik (seperti bentuk A) dan tunggu hingga benar-benar kering.

Baca juga: Tips Merawat Rambut Agar Terhindar Dari Kerusakan Bercabang  

  1. Membuat laptop terekspos pada suhu panas

Menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung akan membuat suhu laptop meningkat. Panas yang terperangkap di dalam laptop bisa menyebabkan kerusakan CPU, hard drivevideo card dan baterai. Suhu 0-40°C tergolong aman untuk digunakan. Jika suhu berada di atas 85°C, segera matikan laptop untuk mendinginkan suhu.

Untuk mencegah laptop overheat, kamu bisa melakukan beberapa cara. Seperti memakai cooling pad atau laptop fan dan menghindari memakai laptop di luar ruangan. Kamu juga bisa mematikan laptop setiap beberapa jam sekali untuk menghindari overheat. 

Baca juga: Tips Bersihkan Masker Kain untuk Mencegah Terjangkit Corona

  1. Sembarangan dalam membersihkan laptop

Mengelap layar laptop dengan kain dianggap kurang bersih. Beberapa orang pun menyemprotkan cairan ke layar laptop agar debu dan noda terangkat. Namun, kita tak boleh sembarangan dalam membersihkan layar laptop. Cairan yang mengandung zat kimia yang keras bisa merusak LCD laptop.

Lebih baik, bersihkan layar laptop dengan kain microfiber yang kering. Bisa juga menggunakan cairan khusus pembersih monitor. Jangan lupa membersihkan laptop jika sudah mulai berdebu. Kamu bisa membersihkannya setiap beberapa hari sekali atau satu minggu sekali. Taraaa! Layar laptop pun bebas dari kotoran dan terlihat mengilap!

Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil Agar Tetap Aktif dengan Tips Ini

  1. Menggunakan mode sleep terlalu lama tanpa dimatikan

Meninggalkan laptop dalam mode sleep bisa merusak daya tahan dan umur baterai. Selain itu, terlalu lama membiarkan laptop dalam mode sleep juga bisa merusak motherboard.  Jangan lupa untuk mematikan laptop ketika pekerjaanmu sudah selesai

  1. Membawa laptop tanpa tas khusus

Terakhir, penting bagi kita untuk menaruh laptop dalam tas dengan perlindungan khusus. Ini untuk mencegah goncangan, benturan dan bantingan, baik disengaja atau tidak.

Agar laptop lebih awet dan berumur panjang, belilah tas laptop dengan perlindungan yang baik sebagai bentuk investasi. Sementara itu, membawa laptop tanpa tas khusus akan menempatkan laptop dalam risiko kerusakan.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Atik Zuliati

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait